Mengenal Arti dan Pentingnya SEO dalam Digital Marketing!
SEO adalah komponen penting dari strategi pemasaran digital yang baik, namun perlu kalian ketahui bahwa banyak perusahaan gagal memahami dan menerapkan SEO terlebih di negara berkembang seperti Indonesia.
Sebuah studi dari berbagai pakar dan praktisi pemasaran digital mengungkapkan bahwa hanya 54% bisnis yang berinvestasi di SEO, ini mungkin karena banyak bisnis mencari iklan media sosial daripada Google.
Meskipun pemasaran media sosial itu penting, perlu Kami tekankan bahwa SEO tidak boleh dikesampingkan.
Sebuah studi yang dilakukan oleh platform Moz mengungkapkan bahwa ada lebih dari 70% pencarian mengklik situs web di halaman pertama SERP (Search Engine Result Page) atau halaman hasil mesin pencari.
Ini berarti bahwa hampir semua lalu lintas di mesin pencari mengarah ke situs web di halaman pertama hasil.
Website optimization dan SEO dapat membantu situs web Anda menerima sebagian dari lalu lintas itu, yang mengarah pada peningkatan kesadaran merek, prospek, dan keuntungan ketika prospek tersebut dikonversi menjadi pelanggan.
Daftar Isi Laman:
Apa Arti SEO?

Sederhana, SEO adalah optimasi mesin pencari dan merupakan singkatan dari Search Engine Optimization.
Ini berarti bahwa SEO mengoptimalkan situs web Anda sehingga bisnis Anda muncul di peringkat mesin pencari untuk kata kunci yang Anda inginkan.
Jika Anda menjalankan toko roti di daerah Anda, Anda ingin toko roti Anda muncul terlebih dahulu jika seseorang menelusuri “toko roti terdekat”, maka SEO dapat membantu Anda mencapai itu.
Macam-Macam Kesalahpahaman Tentang SEO
Memang, beberapa perusahaan menghindari SEO, terutama jika mereka sudah mencobanya sebelumnya dan tidak melihat hasilnya.
Ada banyak kesalahpahaman tentang SEO di antara mereka yang tidak sepenuhnya memahaminya, dimana beberapa kesalahpahaman umum tersebut meliputi:
- SEO sudah ketinggalan zaman dan tidak sepadan dengan waktu atau anggaran Anda
- SEO itu kurang baik
- SEO tidak berfungsi
Banyak alasan untuk kesalahpahaman ini berkaitan dengan sejarah SEO, terlebih ketika SEO pertama kali dikembangkan, banyak orang menggunakan taktik SEO yang nakal dalam pemasaran digital internet, dimana itu sekarang dikenal sebagai black hat SEO.
Kembali sebelum SEO diawasi oleh hal-hal seperti hukuman atau penalti Google, bisnis yang memanfaatkan digital marketing bebas menggunakan trik apa pun yang dapat mereka pikirkan untuk membuat situs web mereka berperingkat tinggi di mesin pencari.
Keyword atau kata kunci dimasukkan ke dalam halaman, kontennya buruk atau tidak ada, dan banyak dari hasil pertama di halaman hasil mesin pencari tidak relevan, spam, atau keduanya.
SEO telah meningkat sejak saat itu, dan sementara white hat SEO mempersulit Anda untuk membawa situs web Anda ke halaman pertama Google, trik kotor tidak lagi efektif.
Sekarang, mesin pencari seperti Google menampilkan konten yang paling relevan dan berkualitas terlebih dahulu. Untuk berhasil mencapai SEO, Anda memerlukan perusahaan SEO yang berkualitas dan situs web bintang.
Alasan Kenapa SEO Anda Tidak Berfungsi Sebelumnya
Jika Anda pernah mencoba SEO sebelumnya, Anda mungkin ragu untuk berinvestasi lagi.
Namun, sebelum Anda sepenuhnya menolak SEO, pertimbangkan 2 (dua) faktor yaitu waktu dan kualitas.
Ya! Waktu penting untuk SEO, itu tidak terjadi dalam semalam.
Praktik SEO white hat yang baik dapat memakan waktu setidaknya enam bulan hingga satu tahun untuk membuat situs web Anda berada di halaman pertama untuk kata kunci utama Anda.
Mungkin sulit untuk tetap sabar saat Anda membayar layanan dan tidak melihat hasilnya, tetapi perusahaan mana pun yang mengklaim dapat membuat dan menempatkan Anda di halaman pertama Google dalam waktu seminggu dapat Kami katakan bahwa mereka berbohong atau menipu sistem, yang mana pada akhirnya akan merugikan situs web Anda.
Anda juga mungkin telah berinvestasi dalam SEO dengan perusahaan yang tidak transparan dalam praktik mereka.
Jika penyedia SEO Anda sebelumnya menggunakan taktik yang curang atau tidak jelas tentang apa yang mereka lakukan dengan situs web Anda dan mengapa, Anda mungkin belum mencapai tujuan SEO Anda.
SEO yang baik membutuhkan waktu, tetapi pada akhirnya Anda akan melihat hasilnya.
Saran Kami, temukan perusahaan SEO bagus yang transparan tentang praktik mereka dan memiliki rekam jejak yang terbukti.
Pentingnya SEO dalam Digital Marketing dan Mengapa Anda Membutuhkannya
SEO penting untuk berbagai alasan yang berkaitan dengan kehadiran online bisnis Anda dan strategi pemasaran atau digital marketing.
Di sini Kami telah mengumpulkan beberapa alasan mengapa SEO sangat penting untuk rencana pemasaran digital Anda, khususnya di tahun 2025 sekarang ini.
a. SEO Membawa Traffic (Lalu Lintas Web) dan Prospek yang Relevan
SEO mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda. SEO yang baik akan membantu peringkat situs web Anda di halaman pertama atau halaman hasil pencarian Google untuk kata kunci yang relevan yang berkaitan dengan bisnis Anda.
Itu berarti bahwa jika bisnis Anda adalah perusahaan konstruksi di Kalimantan, SEO dapat menempatkan Anda di beberapa hasil pencarian pertama untuk “perusahaan konstruksi di Kalimantan” , dimana hal itu akan membawa Anda lalu lintas pengunjung web yang pada dasarnya tertarik dengan bisnis Anda.
Membawa lalu lintas yang relevan ke situs web Anda dapat meningkatkan pengenalan brand atau merek, mendatangkan prospek pelanggan, dan mengubah pengunjung ke situs Anda menjadi pelanggan yang membayar.
SEO membantu Anda mendapatkan lalu lintas bertarget berdasarkan kata kunci yang terkait dengan produk atau layanan Anda.
b. SEO Lokal dapat Meningkatkan Kunjungan dan Penjualan
Google telah melaporkan bahwa 50% konsumen yang melakukan pencarian lokal mengunjungi toko pada hari yang sama.
ika bisnis Anda memiliki lokasi batu bata dan mortir, SEO dapat mengarahkan pelanggan secara fisik ke pintu Anda.
Mengoptimalkan keberadaan web Anda juga berarti akan lebih mudah bagi calon pelanggan untuk menemukan alamat, nomor telepon, jam kerja, dan informasi lain yang dapat mengarahkan mereka ke situs web atau toko Anda.
c. SEO yang Baik dapat Meningkatkan PPC
Jika Anda pernah menggunakan pemasaran bayar per klik atau Pay Per Click (PPC), Anda pasti sudah tahu bahwa skor kualitas akan memengaruhi kampanye Anda.
Skor kualitas PPC yang lebih tinggi dapat mengurangi biaya per klik dan membantu iklan Anda tampil lebih baik, membuat iklan Anda lebih hemat biaya.
Mengoptimalkan situs web Anda dengan SEO dapat meningkatkan skor kualitas kampanye PPC Anda, membantu kedua strategi pemasaran digital ini bekerja bersama.
SEO dapat bekerja bergandengan tangan dengan strategi pemasaran lainnya juga.
Memasangkan iklan SEO dan mesin pencari meningkatkan efektivitas iklan Anda dan dapat meningkatkan lalu lintas pengunjung web hingga 50% menurut sebuah studi dari Google.
Selain itu, SEO juga dapat meningkatkan upaya penargetan ulang dan meningkatkan kesadaran merek.
d. Sebagian Besar Konsumen Melakukan Penjelajahan dan Penelitian Secara Online Sebelum Membeli Produk
Berbagai penelitian menunjukkan bahwa konsumen cenderung meneliti produk dan layanan secara online sebelum mereka melakukan pembelian.
Menurut studi yang Kami lakukan menunjukkan bahwa sekitar 82% konsumen meneliti produk secara online sebelum membelinya secara langsung.
Ini juga mengungkapkan bahwa 45% membaca ulasan online sebelum memutuskan pembelian di toko, dan 56% membaca ulasan online sebelum membeli secara online.
SEO memudahkan pelanggan untuk menemukan bisnis Anda secara online selama tahap penelitian proses pembelian. Bisnis Anda harus mudah ditemukan di mesin pencari untuk memenangkan pelanggan ini.
SEO yang baik akan mendatangkan pelanggan yang relevan dan tertarik ke situs Anda dan membuatnya lebih mungkin untuk dikonversi menjadi pelanggan.
e. SEO Membangun Kepercayaan dan Kredibilitas
Seberapa sering Anda melihat ke halaman 2 (dua) atau 3 (tiga) di halaman hasil Google?
Ya, mungkin tidak terlalu sering, apalagi jika pelanggan mencari bisnis dan mereka tidak muncul di hasil pertama untuk kata kunci terkait, itu tentunya dapat mengirimkan tanda bahaya.
Mereka mungkin berpikir bahwa bisnis Anda bukan yang terbaik di bidang Anda, atau Anda tidak berpengalaman atau tidak relevan.
Peringkat bisnis Anda tinggi dalam hasil mesin pencari menciptakan rasa kredibilitas bagi pelanggan dan konsumen lebih cenderung mempercayai bisnis dengan situs web hebat yang berperingkat tinggi di mesin pencari seperti Google.
Penutup
Itulah beberapa ulasan yang dapat Kami sampaikan terkait arti dan pentingnya SEO dalam pemasaran digital atau digital marketing.
Jika rencana pemasaran digital bisnis Anda tidak termasuk SEO, maka Anda harus mempertimbangkan untuk mengubah strategi Anda hari ini dan mMulailah dengan mengecek dan melakukan analisis SEO kalian disini.
Untuk informasi lebih lanjut kalian dapat menghubungi Kami sekarang juga untuk mendiskusikan apakah SEO tepat untuk bisnis Anda.
Nantikan selalu update tentang informasi teknologi terbaru hanya di blog RM Digital Indonesia. Sekian dari Kami, terima kasih.