Memahami Pengertian Press Release, Apa itu Siaran Pers? Tujuan, Fungsi, Contoh Cara Menulis, Alasan Penting, dan Perbedaannya dengan Iklan atau Promosi.
Benar, seperti yang kita ketahui, di zaman sekarang, ini semua tentang pemasaran konten online dan meningkatkan eksposur merek Anda.
Bagi sebagian orang, pentingnya siaran pers atau yang dikenal dengan istilah press release ini tampaknya sudah ketinggalan zaman atau kuno, karena saluran media sosial lainnya telah mengambil alih strategi komunikasi dan konten bisnis.
Lalu, kenapa press release masih penting di era media digital?
Yup! Siaran pers tetap menjadi alat pemasaran yang penting untuk bisnis baik besar maupun kecil.
Jika Anda bertanya-tanya apakah siaran pers akan bermanfaat bagi perusahaan Anda, apa pengertian siaran pers, tujuan, fungsi press release, contoh cara menulis, serta alasan pentingnya, maka dapat Kami katakan kalian berada di tempat yang tepat.
Mengapa? Benar, tentu saja karena di postingan ini Kami akan membahas terkait pengertian, arti, dan definisi dari press release secara lebih detail dan lengkap.
Oke baiklah langsung saja, mari kita lihat ulasannya berikut di bawah ini.
Daftar Isi Laman:
- Pengertian Press Release
- Apa Itu Siaran, atau Pers Rilis?
- Tujuan dan Fungsi Press Release, Siaran, atau Pers Rilis
- Jenis dan Macam-Macam Siaran Pers (Press Release)
- Contoh Bagaimana Cara Menulis Siaran Pers atau Press Release yang Baik dan Benar
- Kenapa Press Release itu Penting?
- Apa Perbedaan Press Release dengan Iklan atau Promosi?
- Penutup
Pengertian Press Release
Berarti siaran pers dalam bahasa Indonesia, kata press release merupakan pernyataan resmi (biasanya berupa artikel, tulisan, dan postingan halaman web) yang memberikan informasi kepada surat kabar, majalah, program berita televisi, dan stasiun radio.
Mengutip sumber dari Situs Shopify, siaran pers pada dasarnya merupakan dokumen tertulis yang disiapkan untuk media yang juga disebut pers, di mana dokumen tersebut mengumumkan sesuatu yang layak diberitakan.
Dokumen (artikel, tulisan, atau postingan halaman web) tersebut biasanya memiliki panjang atau setebal 1-3 halaman, dan ini disebarluaskan ke media dengan harapan para reporter dan editor akan menggunakan informasi yang terkandung di dalamnya dalam siaran TV atau radio yang akan datang, dalam edisi surat kabar atau majalah, atau di situs web media.
Apa Itu Siaran, atau Pers Rilis?
Jadi, apa itu yang dimaksud dengan siaran, atau pers rilis ini?
Ya, seperti yang sudah Kami jelaskan dalam pengertian katanya di atas, ini lebih dikenal dengan istilah, akronim, atau jargon press release.
Banyak orang mungkin pernah mendengar ungkapan “rilis pers”, tapi sebenarnya, masih banyak yang belum memahami apa pengertian dan maknanya secara khusus.
Seperti yang didefinisikan oleh Forbes, siaran pers atau rilis (release) adalah pengumuman resmi dan formal mengenai sesuatu yang baru atau penting tentang Anda, bisnis Anda, acara ceramah, atau sesuatu semacam itu.
Benar! Mereka harus mempromosikan bisnis Anda, mengarsipkan data penting untuk penggunaan di masa mendatang dan semoga, meningkatkan SEO Anda.
Siaran pers dirancang untuk memberi tahu wartawan dan anggota pers tentang berita apa yang sedang terjadi di perusahaan Anda.
Sebagai contoh misalnya, jika Anda memiliki acara besar untuk bisnis Anda yang akan datang, Anda dapat menulis siaran pers yang mengumumkan acara Anda kepada publik.
Oleh karena itu, siaran pers penting untuk hubungan media bisnis Anda, selain untuk meningkatkan kesadaran merek.
Memang, siaran pers tidak menjamin Anda terpapar media.
Dalam prosesnya, pastikan untuk menemukan cara untuk membantu siaran pers Anda menonjol sehingga Anda dapat menerima liputan media sebanyak mungkin.
Kami pribadi sangat menyarankan mengapa itu merupakan sebuah hal yang penting untuk mengetahui cara mendistribusikan siaran pers dengan benar, sehingga bisnis Anda dapat mendapatkan liputan di publikasi media.
Penonton siaran pers tidak hanya berhenti di surat kabar saja, tetapi juga termasuk, radio, buletin berita TV, podcast, dan blog.
Yup! Dengan begitu, Anda memposisikan merek Anda di depan khalayak yang lebih luas.
Tujuan dan Fungsi Press Release, Siaran, atau Pers Rilis
Dalam membahas pengertian, arti, serta maknanya, kemudian, apa sebenarnya tujuan dan fungsi dari melakukan press release ini?
Oke, perlu kalian ketahui bahwa tujuan utama dari siaran pers adalah untuk mendapatkan perhatian, membuat berita dan menghasilkan publisitas.
Adapun untuk hal yang paling penting, siaran pers atau press release ini adalah cara yang efektif untuk menciptakan minat seputar berita perusahaan dengan cara yang faktual dan efisien.
Dengan strategi media sosial, siaran pers juga membuat konten yang mudah dan menarik untuk dibagikan di halaman klien.
Siaran pers yang ditulis dengan baik (akan kita coba lihat bagaimana contoh cara menulisnya di bagian bawah) dapat dianggap sebagai alat pemasaran yang hemat biaya untuk mendapatkan perhatian media untuk berita potensial dan cara yang bagus untuk membuat pengumuman resmi.
Lalu, terkait fungsi utamanya, press release berfungsi untuk secara akurat mewakili dan mempromosikan berita perusahaan yang signifikan.
Siaran pers yang baik dapat mengumumkan produk baru atau acara yang layak diberitakan.
Informasi yang disajikan dalam rilis Anda harus mengikuti format yang sudah ada sebelumnya.
Sebagian besar siaran pers harus menyertakan pengumuman yang dibuat klien Anda.
Namun, siaran pers juga harus menentukan apakah informasi tersebut untuk segera dirilis.
Betul! Hal itu perlu menyertakan tanggal, lokasi, informasi kontak, dan sedikit lebih banyak informasi tentang perusahaan atau organisasi yang membuat pengumuman.
Beberapa tujuan, fungsi, dan makna umum lain dari siaran pers meliputi:
- Memperingatkan media dengan harapan rilis tersebut menarik perhatian reporter.
- Berbagi informasi resmi tentang klien, perusahaan, atau organisasi dengan tujuan menanam benih untuk kemungkinan berita dan liputan pers.
- Mempromosikan kesadaran merek (brand awareness) dan identitas.
Jenis dan Macam-Macam Siaran Pers (Press Release)
Setelah kita mengetahui apa pengertian siaran pers, tujuan, dan fungsi melakukan press release, selanjutnya kita juga perlu mengenal apa saja jenis, macam, serta tipe yang terdapat dalam lingkupnya.
Oke, sebelumnya, perlu Kami tekankan sekali lagi bahwa goal dari siaran pers, yaitu digunakan untuk mempromosikan bisnis Anda dan berbagi informasi penting.
Anda harus membagikan siaran pers setiap kali Anda memiliki sesuatu yang layak diberitakan atau penting untuk dibagikan.
Berikut adalah daftar hal-hal yang layak diberitakan yang dapat Anda bagikan dalam siaran pers Anda:
- Pengumuman berita terkini; Berikan bantuan kepada outlet berita. Berbagi siaran pers dengan wartawan akan membantu mereka mempublikasikan berita terbaru secepat mungkin.
- Acara; Tawarkan kepada reporter sesuatu yang tepat waktu dan menarik untuk dibagikan kepada audiens (silahkan baca selengkapnya pengertian audiens di situs ini) mereka. Mereka juga membantu meningkatkan keterlibatan dengan acara tersebut pastinya.
- Kemitraan; Jika Anda bekerja sama dengan perusahaan lain, media mungkin ingin tahu. Ini adalah win-win untuk Anda dan pasangan Anda.
- Riset; Data dan wawasan orisinal selalu menarik, tetapi ingatlah untuk membumbuinya sedikit; tidak ada yang mau membaca laporan data yang membosankan.
- Penghargaan; Benar, jangan takut untuk membagikan kesuksesan Anda!
- Mempekerjakan pimpinan, pejabat, atau eksekutif baru; Ini lebih berhubungan dengan perusahaan dan organisasi yang lebih besar, tetapi ini bisa menjadi berita penting ketika seseorang yang baru dipekerjakan di sebuah perusahaan.
- Manajemen krisis; Ketika ada yang tidak beres, pentingnya siaran pers hanya meningkat. Anda mendapatkan kesempatan untuk menceritakan kisah itu terlebih dahulu dengan suara Anda sendiri.
Saran Kami pribadi, pastikan Anda memiliki sesuatu yang akan diperhatikan oleh audiens Anda (dan audiens media). Ini akan sangat meningkatkan kemungkinan rilis Anda akan mendapatkan liputan media.
Contoh Bagaimana Cara Menulis Siaran Pers atau Press Release yang Baik dan Benar
Sekarang setelah Anda mengetahui arti, tujuan, jenis, dan macam tipe dari siaran pers, mari selami cara menulis siaran pers yang akan membuat Anda diperhatikan oleh media!
Baiklah, berikut ini adalah beberapa contoh aturan utama bagaimana cara menulis yang harus kalian ikuti saat menyusun siaran pers Anda:
- Hindari penulisan berita utama siaran pers Anda di atas 10 (sepuluh) kata.
- Jaga agar berita utama tetap pendek dan manis. Menurut riset yang Kami lakukan, 65% lebih para publisher atay penerbit lebih memilih baris subjek dengan 10 kata atau lebih sedikit.
- Pastikan itu unik! Mengapa orang harus peduli? Buat mereka peduli dengan membagikan fakta dan latar belakang yang membantu pembaca memahami alasan mengapa berita ini penting.
- Hindari hyperlink yang berlebihan, selain itu pertahankan cerita Anda, bukan membuat orang malah mengklik di tempat lain.
- Akhiri dengan ajakan bertindak (Call To Action atau CTA), di man aini adalah tempat Anda untuk dapat meminta audiens Anda untuk terlibat dengan perusahaan Anda!
Dalam hal contoh cara menulisnya, berikut ini adalah beberapa bagian yang harus kalian masukkan dalam artikel, tulisan, atau postingan laman webnya:
- Judul; Tarik perhatian media! Spesifik saat menyusun tajuk utama Anda.
- Kontak Pers; Sangat penting untuk memasukkan informasi kontak Anda dalam siaran pers. Hal ini memungkinkan media untuk menghubungi Anda jika mereka ingin melakukan tindak lanjut.
- Kota, negara bagian, lokasi; Pastinya, dengan begini orang-orang dapat dengan mudah mencari di manakah lokasi perusahaan Anda.
- Bagian isi. Ikuti gaya piramida terbalik saat menyajikan informasi dalam paragraf body (tubuh atau isi) artikel siaran pers Anda.
- Boilerplate; Yup! Istilah boilerplate ini adalah bagian yang akan menjelaskan tentang perusahaan Anda dan apa misi Anda. Sertakan boilerplate menarik di setiap bagian siaran pers kalian.
Kenapa Press Release itu Penting?
Bagaimana, sudah cukup jelas bukan?
Oke, sekarang kalian pastinya sudah bisa membayangkan penjabarannya, dan kapan harus mengirimkannya dan berkenaan dengan hal itu, mari kita selami juga apa saja alasan-alasan yang membuat siaran pers ini menjadi sebuah hal yang penting, khususnya bagi organisasi, bisnis, atau perusahaan Anda.
Dengan kemajuan saluran sosial dan digital sebagai cara untuk menjangkau audiens serta analisis yang semakin canggih tersedia untuk membantu berbagai macam organisasi, bisnis, dan perusahaan dalam membentuk kampanye mereka.
Baik, untuk beberapa alasan yang membuat press release, siaran, atau pers rilis menjadi suatu hal yang penting adalah sebagai berikut.
a. Membantu Anda Menjalin Hubungan dengan Media
Alasan pentingnya press release yang pertama yaitu mereka membantu menjalin hubungan dengan media.
Siaran pers bisa menjadi cara terbaik untuk memulai dialog dengan reporter.
Jurnalis dibanjiri dengan lusinan, terkadang ratusan, serta promosi dan siaran pers yang tidak relevan setiap minggunya.
Jika Anda menghubungi reporter dengan siaran pers yang ditulis dengan baik yang relevan dengan industri atau irama mereka, mereka tentunya akan memperhatikan dan menghargainya.
Bahkan jika mereka tidak dapat meliput topik atau produk yang terkait dengan siaran pers Anda kali ini, mereka lebih mungkin bekerja dengan Anda di masa depan karena Anda telah membangun kredibilitas itu.
b. Membangun Kredibilitas dan Membantu Anda Mengontrol Narasi
Kemudian yaitu karena siaran pers membangun kredibilitan dan membantu Anda mengontrol narasi.
Media dan konsumen memandang siaran pers sebagai sumber data dan informasi tepercaya, mayoritas konsumen mengatakan kepercayaan merek sangat penting untuk membeli.
Mendistribusikan siaran pers yang akurat secara konsisten memungkinkan Anda membangun kredibilitas dari waktu ke waktu dengan jurnalis serta pelanggan yang sudah ada dan pelanggan potensial.
Ini sangat berguna untuk memulai dan mengembangkan usaha kecil untuk mendapatkan kabar positif tentang diri mereka sendiri.
c. Memungkinkan Anda Mengarahkan Narasi Seputar Merek Anda
Alasan selanjutnya yaitu siaran pers memungkinkan Anda untuk mengarahkan narasi seputar merek atau brand Anda.
Selain mempublikasikan informasi penting perusahaan, siaran pers dapat digunakan untuk mengurangi krisis internal atau pers eksternal yang negatif.
Dengan memberikan fakta yang kredibel tanpa berputar-putar, Anda dapat mengklarifikasi konflik internal untuk membangun kembali citra merek dan persepsi publik yang positif.
d. Membantu Membangun Traffic atau Lalu Lintas SEO
Berikutnya, press release akan membantu akan meningkatkan traffic atau lalu lintas SEO website organisasi, bisnis, dan perusahaan Anda.
Siaran pers yang ditulis dengan baik menggunakan praktik terbaik SEO untuk algoritme pencarian memungkinkan mesin pencari menemukan, mencocokkan, mengindeks, dan memberi peringkat pada siaran pers Anda.
Memiliki siaran pers peringkat tinggi di Google (di mana diperkirakan sekitar 89.000 pencarian dilakukan setiap detik) dan mesin pencari lainnya memberikan peningkatan eksposur kepada pelanggan saat ini dan masa depan.
Jadi berhati-hatilah tentang bagaimana Anda membuat siaran pers Anda.
Algoritme pencarian mencari konten yang ditulis dengan baik yang secara alami menggabungkan kata kunci dan tautan.
Penggunaan ulang siaran pers Anda untuk membuat konten tambahan juga akan membantu brand atau merek Anda berperingkat lebih tinggi dalam pencarian (bagaimanapun juga, konten adalah raja, jadi semakin relevan, konten tepat waktu yang Anda miliki, semakin baik).
Sebagian besar siaran pers dapat dengan cepat dan mudah (dan hemat biaya) digunakan kembali untuk blog, situs web, dan media sosial Anda.
Sebagai contoh misalnya, mengubah siaran pers menjadi artikel blog membutuhkan waktu yang jauh lebih sedikit daripada meneliti dan menulis artikel yang sama sekali baru.
Selain itu, lagi pula, Anda sudah memiliki semua fakta dan data di depan Anda. Anda memberikan informasi yang sama, tetapi dengan mengomunikasikannya secara berbeda, maka Anda akan membuatnya lebih mudah diakses oleh audiens baru.
e. Meningkatkan Engagement (Keterlibatan) Pelanggan
Berkat distributor berita online dan peningkatan media sosial, Anda bisa mendapatkan siaran pers Anda di depan khalayak yang lebih luas dari sebelumnya, dan tentunya akan meningkatkan engagement atau keterlibatan pelanggan.
Mendistribusikan siaran pers yang dibuat dengan baik memberikan peluang untuk mendapat peringkat tinggi dalam pencarian, menarik perhatian pelanggan saat ini dan calon pelanggan, dan mengarah pada keterlibatan langsung dan berbagi di saluran sosial.
Benar! Anda memiliki kesempatan untuk menjangkau audiens yang belum dimanfaatkan yang mungkin belum pernah Anda pertimbangkan sebelumnya.
Saat Anda melakukannya, pastikan untuk menyertakan multimedia seperti foto, video, atau infografis dengan siaran pers Anda kapan dan di mana pun memungkinkan.
Rilis pers dengan multimedia tidak hanya melihat tingkat keterlibatan yang lebih tinggi, pelanggan dan media lebih cenderung berbagi multimedia melalui platform sosial daripada rilis teks saja.
Apa Perbedaan Press Release dengan Iklan atau Promosi?
Kemudian, apa yang membedakan antara press release dengan promosi?
Siaran pers adalah laporan faktual tentang sesuatu yang layak diberitakan.
Siaran pers Anda perlu memberikan siapa, apa, di mana, kapan dan yang paling penting yaitu mengapa berita Anda penting.
Sekali lagi, menulis siaran pers yang jelas dan ringkas sangat membantu dan akan membantu Anda membangun hubungan tepercaya dengan jurnalis.
Secara spesifik, untuk perbedaan antara press release (siaran pers) dengan iklan atau promosi sendiri yaitu adalah:
- Sebuah iklan ditulis untuk audiens target Anda.
- Ini bisa menjadi pembayar pajak, pelanggan, prospek atau pemangku kepentingan utama lainnya. Anda perlu menyusun pesan Anda dan hati-hati memilih platform Anda untuk berbicara kepada audiens yang tepat.
- Satu-satunya audiens untuk siaran pers adalah media berita. Siaran pers bukanlah iklan atau promosi, ini adalah cara untuk mempromosikan berita Anda. Sehingga, oleh karena itu, audiens target Anda adalah jurnalis dan Anda perlu merancang pesan Anda untuk berbicara kepada mereka secara khusus.
- Dengan iklan, Anda menjual produk atau layanan Anda langsung ke audiens.
- Saat Anda membuat siaran pers, Anda mempromosikan ide untuk sebuah cerita.
- Konsumen tidak ingin membaca siaran pers Anda. Bagi mereka, itu akan tampak seperti iklan panjang yang diisi dengan informasi tambahan yang sebenarnya tidak mereka butuhkan.
- Wartawan tidak peduli dengan iklan Anda. Mereka tidak tertarik untuk mendengar slogan Anda, memanfaatkan diskon super Anda, atau mendengarkan Anda terus menerus mengoceh tentang kehebatan produk Anda.
Penutup
Baik, di atas adalah pembahasan terkait pengertian press release, apa itu siaran pers? tujuan, fungsi, contoh cara menulis, alasan penting, dan perbedaannya dengan iklan atau promosi.
Ya! Jurnalis selalu mencari berita yang bagus, dan siaran pers tetap menjadi salah satu sumber daya utama mereka untuk menemukan berita, di mana hal ini juga sesuai berdasarkan riset yang Kami lakukan.
Selain menyebut siaran pers sebagai sumber yang paling berguna untuk mendapatkan berita, siaran pers dan pengumuman berita adalah jenis konten yang menurut sebagian besar wartawan (hingga 70%) merupakan tipe atau jenis macam konten yang mereka inginkan dari sebuah brand atau merek.
Nantikan selalu update tentang informasi teknologi terbaru hanya di blog RM Digital Indonesia. Sekian dari Kami, terima kasih.