Apa Jenis Macam Alasan dan Penyebab Kenapa Search Engine Optimization (SEO) itu Adalah Proses yang Berkelanjutan (Ongoing Process).
Oke, jadi, Anda berusaha membuat situs web yang bagus untuk bisnis kecil Anda dan ini terbilang cukup menarik secara visual, ramah pengguna, memiliki halaman produk yang sangat baik, serta proses checkout yang mudah.
Tentu saja itu keren! Situs web yang buruk membuat pelanggan pergi dan tidak pernah kembali sementara situs web yang bagus mendorong pelanggan untuk tetap tinggal dan membeli.
Namun, perlu kalian ketahui bahwa itu saja tidaklah cukup.
Ya, Anda kemudian perlu melakukan kerja keras tambahan untuk menerapkan Search Engine Optimization (SEO) ke situs web bisnis kecil Anda.
Itu merupakan sangat penting karena membantu meningkatkan peringkat Anda dalam hasil pencarian, meningkatkan kemungkinan bahwa pelanggan akan menemukan dan mengunjungi situs web Anda.
Namun masih, hal tersebut juga masih belum cukup.
Anda pernah mendengar nasihat tentang tidak berpuas diri dan pepatah tentang tidak berpuas diri.
Tentu saja, mereka juga berlaku 100% untuk situs web bisnis Anda.
Karena pasar, pesaing Anda, dan mesin pencari itu sendiri selalu berubah, Anda harus mengikuti perubahan itu.
Mengandalkan setting (pengaturan) awal yang berhasil untuk menjaga bisnis Anda tetap kuat adalah formula untuk kegagalan.
Sebaliknya, SEO adalah proses yang berkelanjutan (ongoing process), membutuhkan pemeliharaan dan pembaruan rutin dan mari kita lihat mengapa demikian.
Daftar Isi Laman:
1. Pasar Online Selalu Berubah dan Berkembang
Jenis dan alasan yang pertama yaitu adalah pasar online yang selalu berubah dan berkembang.
Seperti yang dapat kita lihat di era sekarang, khususnya di tahun 2024 saat ini.
Teknologi yang berkembang pesat menghasilkan pengenalan produk dan terminologi baru secara konstan, dan oleh karena itu, keyword (kata kunci) yang dulunya sangat efektif dapat menjadi kurang umum atau bahkan usang dalam waktu yang relatif singkat.
Katakanlah Anda menjual peralatan audio, suatu waktu, melakukan pencarian di mesin pencari (googling) menggunakan frasa, kata kunci “headphone” mungkin sudah cukup untuk mendapatkan pencari online ke situs web Anda.
Namun, dengan semua opsi berbeda untuk mendengarkan pribadi sekarang, istilah itu tidak cukup spesifik ketika orang memikirkan produk atau gaya tertentu.
Benar! Kata kunci yang lebih lama mungkin membuat situs Anda turun peringkat di mana kebanyakan orang tidak akan pernah melihatnya.
Oleh karena itu, penting untuk selalu meneliti kata kunci dan frasa yang sedang tren sehingga Anda dapat mengevaluasi efektivitas SEO situs Anda, merevisinya, dan mengoptimalkannya.
2. Perubahan Perilaku Pengguna
Alasan mengapa SEO adalah proses yang berkelanjutan yaitu adalah terkait perubahan perilaku pengguna.
Saat produk, tren, dan terminologi berubah, perilaku pengguna berubah serta mereka mulai menggunakan istilah pencarian yang berbeda.
Ini terkait kembali ke poin sebelumnya tentang perubahan yang terdapat di pasar.
Ya, Anda harus tetap mengetahui produk dan frasa baru, tetapi Anda juga harus meneliti apa yang dimasukkan pelanggan sendiri sebagai istilah pencarian.
Jika Anda menekankan satu set istilah sementara pelanggan menggunakan yang lain, maka Anda mungkin kehilangan bisnis mereka.
Sekali lagi, strategi SEO Anda harus melibatkan mengetahui apa yang lebih efektif sehingga Anda dapat mengubah atau menghapus apa yang kurang efektif.
3. Kompetisi dan Persaingan yang Banyak
Alasan ke-3 (tiga) mengapa SEO adalah merupakan proses yang berkelanjutan (ongoing process) yaitu terkait kompetisi atau persaingan.
Di pasar online, Anda mungkin memiliki ribuan atau bahkan jutaan situs web yang bersaing.
Bahkan jika Anda menyediakan layanan secara lokal, sebagai contoh misalnya, Anda menjalankan perusahaan lansekap atau perusahaan layanan rumah, dan Anda dapat memiliki lebih dari selusin pesaing tergantung pada ukuran pasar.
Kebanyakan orang yang melakukan pencarian pada mesin pencari, mereka tidak melewati halaman pertama hasil.
Ya! Walaupun beberapa di antara mereka ada yang melakukannya, perlu kalian ketahui bahwa itu terbilang sangat sedikit untuk yang melampaui halaman bawah.
Jika Anda tidak muncul di, idealnya, yakni halaman pertama itu atau setidaknya di salah satu dari tiga halaman pertama itu, bisnis Anda pastinya akan dirugikan.
Setiap pesaing yang kompeten akan terus mengevaluasi dan mengubah SEO mereka, dan itu berarti Anda juga harus melakukannya agar mereka tidak mendapatkan pelanggan yang Anda targetkan.
Selain itu, penting juga untuk mengetahui kapan pesaing memperluas layanan atau produk yang ada dan kapan mereka menambahkan yang baru.
Itu pastinya dapat mengubah hasil pencarian dan peringkat, dan itu akan mengharuskan Anda untuk mempertimbangkan perubahan pada penawaran dan pendekatan SEO Anda sendiri untuk mengikuti, maju, atau tetap di depan.
Sebagai contoh misalnya, jika Anda menjalankan kedai kopi lokal yang menyajikan sarapan juga dan pesaing memutuskan untuk menambahkan sarapan ke menunya, Anda pasti ingin memastikan bahwa Anda tidak jatuh dalam peringkat pencarian karena pesaing menarik perhatian, dan klik pada hasil halaman pencarian pun akan menjauh dari Anda.
4. Aturan dan Algoritme Mesin Pencari Selalu Berkembang
Selanjutnya, yaitu aturan dan algoritme mesin pencari yang selalu berkembang.
Mesin pencari utama (Google, Yahoo, dan Bing, misalnya) juga bukan entitas statis.
Agar tetap relevan dan bersaing satu sama lain, serta untuk mendapatkan pengguna, mesin telusur ini menjalani revisi dan pembaruan rutin yang berkaitan dengan cara mereka mengevaluasi dan memberi peringkat situs web saat mengembalikan hasil penelusuran yang terbaik.
Alasan lain untuk perubahan konstan dalam algoritme pencarian terkait dengan persaingan ketat di antara bisnis yang menyediakan produk atau layanan serupa.
Untuk mendapatkan keuntungan, beberapa bisnis terlibat dalam praktik pengoptimalan mesin pencari, atau yang lebih kita kenal dengan istilah Search Engine Optimization (SEO) yang menipu (disebut dengan teknik “Black Hat”), dan pembaruan rutin membantu memerangi praktik ini dengan menggunakan algoritme pencarian yang diubah dan ditingkatkan.
Google, contohnya, mereka selalu membuat perubahan pada algoritme rata-rata setidaknya sekali sehari.
Bagi perusahaan raksasa internet tersebut, meningkatkan hasil pencarian, mengarahkan pengguna ke situs terbaik, dan mempersulit bisnis untuk menipu atau mempermainkan sistem berarti lebih banyak pengguna dan lebih banyak pendapatan iklan.
Yup! Demikian juga, mesin pencari lainnya memiliki tujuan dan motivasi yang sama.
Bahkan bisnis yang bermain sesuai aturan dapat terkena dampak ini karena algoritme memengaruhi semua orang, bukan hanya pemain yang tidak baik.
Oleh karena itulah, sama pentingnya untuk tetap mengikuti perkembangan pasar, apa yang dicari oleh para pencari, dan apa yang dilakukan oleh para pesaing, sangatlah penting untuk memiliki kampanye SEO yang aktif dan mampu yang berfokus pada peningkatan berkelanjutan (ongoing process).
Selain itu, kita juga perlu untuk tetap mengikuti perubahan di mesin pencari.
Sebagai hasilnya, situs web Anda akan tetap lebih ramah pencarian di mesin pencari.
Kampanye peningkatan SEO berkelanjutan yang melacak perubahan pasar, perilaku pengguna, praktik pesaing, dan pembaruan pada algoritme mesin pencari akan menghasilkan dan mempertahankan peringkat tinggi di antara hasil pencarian.
Seperti riset dan studi yang Kami lakukan, Kami mendapati bahwa bisnis semacam itu akan mengalami peningkatan peringkat rata-rata 18% (persen).
Sebaliknya, dalam penelitian yang sama, Kami mendapati bahwa bisnis yang tidak mengikuti kampanye SEO yang efektif mengalami penurunan hingga 30% (persen) dalam peringkat halaman mereka.
Penutup
Baik, itulah beberapa jenis macam alasan kenapa SEO itu adalah merupakan proses yang berkelanjutan (ongoing process).
SEO membutuhkan pekerjaan secara teratur dan menjadi agresif untuk mendapatkan hasil tetapi itu adalah sesuatu yang benar-benar terbayar, dan bisnis apa pun yang menggunakannya memiliki peluang yang jauh lebih baik untuk mempertahankan dan meningkatkan pangsa pasarnya.
Setelah meninjau apa itu optimasi mesin pencari, mengapa itu penting dan bagaimana menerapkannya, perlu diingat bahwa SEO harus diperlakukan sebagai praktik positif dengan manfaat jangka panjang.
Benar! Karena SEO adalah proses yang berkelanjutan, maka ini bukanlah ilmu pasti dengan hasil langsung.
Peringkat Anda sangat bergantung pada siapa Anda bersaing, termasuk ukuran perusahaan, tahun dalam bisnis, dan upaya SEO mereka sendiri di dalam dan di luar situs.
Nantikan selalu update tentang informasi teknologi terbaru hanya di blog RM Digital Indonesia. Sekian dari Kami, terima kasih.