+321 123 4567
[email protected]
RM Digital Main Logo Normal
  • Beranda
  • Blog
  • Kamus
  • Produk
  • Layanan
  • Alat
    • Analisis SEO
      • Analisis SEO Baru
      • Analisis SEO Terbaru
  • Kontak
RM Digital Main Logo Normal Small

Bekerja Sama dengan Kami

Silahkan isi formulir di bawah ini untuk berbicara dengan seseorang dari tim Kami.

Nama
Fill out this field
E-Mail Bisnis *
Mohon masukan alamat email yang sah.
Telepon
Fill out this field
Budget
Select an option
Pertanyaan Keamanan 30 + 10 = ?
Enter the equation result to proceed

Mengenal Website Analysis, Macam Alat dan Cara Memilihnya yang Bagus!

Diposting: 25 November 2021
Tidak ada komentar
Ilustrasi Gambar Mengenal Pengertian Website Analysis Macam Tools Atau Alat Analisis Dan Bagaimana Cara Memilihnya Yang Baik Serta Bagus Untuk SEO

Mengenal Pengertian Website Analysis? Apa Saja Macam-Macam Tools (Alat) dan Cara Memilihnya yang Bagus!

Ya! Hampir semua orang saat ini mengetahui apa arti kata SEO atau mendengar istilah tentang Search Engine Optimization, meskipun mereka hanya tahu sedikit tentang apa itu sebenarnya.

Seperti yang sudah sering Kami singgung, tujuan SEO pada dasarnya adalah untuk membuat situs Anda lebih terlihat di mesin pencari, membuatnya muncul di beberapa halaman pertama ketika seseorang mencari kata kunci tertentu.

Mesin pencari menganalisis teks di situs web dan mencari apa yang dicari pengguna internet, di mana ketika kata kunci ditemukan, daftar situs dikembalikan oleh mesin pencari, sehingga pengguna dapat memeriksanya dan mendapatkan informasi yang mereka butuhkan.

SEO juga tentang meningkatkan peringkat situs dan meningkatkan kesadaran akan merek dan sebelum seseorang dapat mulai meningkatkan SEO situs, mereka perlu melakukan analisis SEO yang mendalam.

Seorang ahli profesional akan melakukan Website Audit gratis bahkan sebelum memberikan penawaran harga untuk proyek pengoptimalannya.

Report atau laporan lengkap analisis website Anda pastinya diperlukan untuk mengevaluasi situs karena setiap situs web berbeda dan Anda tidak dapat mengetahuinya hanya dengan melihatnya.

Betul! Ini hanyalah salah satu alasan mengapa penting untuk melakukan analisis.

Daftar Isi Laman:

  • Pengertian Website Analysis
  • Macam-Macam Tools (Alat) untuk Analisis Website
  • Bagaimana Cara Memilih Website Analysis yang Baik untuk SEO?
    • a. Data statistik
    • b. Analisis Detail SEO
    • c. Riset Kata Kunci
    • d. Peringkat Mesin Pencari
    • e. Link atau Tautan Internal
  • Penutup

Pengertian Website Analysis

Secara umum, ada 2 (dua) alasan utama untuk melakukan analisis, yaitu sebelum Anda melakukan kampanye SEO dan setelahnya.

Pertama, sebelum Anda menetapkan strategi SEO, Anda perlu mengetahui area mana dari situs Anda yang perlu ditingkatkan dan bagaimana mereka dapat ditingkatkan.

Lihat Juga :  Loading Time: Apa itu Waktu Memuat dan Pengaruhnya dengan Conversion (Konversi)?

Setelah Anda menerapkan strategi tertentu, Anda ingin tahu bagaimana kinerjanya.

Benar! Ini adalah saat terbaik untuk melakukan laporan analisis SEO website lainnya, yang dapat dibandingkan dengan yang lama untuk memeriksa apakah strategi SEO Anda sudah terbayar.

Anda ingin melacak konten dan SEO teknis dengan memeriksa bagaimana kampanye terakhir mengubah peringkat kata kunci Anda, kecepatan memuat halaman, pengoptimalan tingkat konversi, dan kemampuan perayapan situs.

Untuk melakukan website analysis, Anda dapat menyewa profesional atau perusahaan pemasaran digital, tetapi ada juga beberapa alat yang dapat Anda gunakan sendiri, sebagai contoh misalnya Analisis SEO Website Gratis RM Digital (khususnya untuk on-page).

Macam-Macam Tools (Alat) untuk Analisis Website

Analisis website, khususnya terkait pengoptimalan mesin pencari dapat dilihat sebagai alat bagi orang untuk mempelajari situs dan mengidentifikasi titik terlemahnya.

Ada banyak alat online yang dapat membantu Anda mendapatkan Analisis SEO, yang paling populer di antaranya adalah Google Webmaster.

Adapun beberapa macam tools atau alat analisis SEO website lainnya adalah sebagai berikut:

  • SEMrush
  • Ahrefs
  • HubSpot
  • Cek SEO
  • BuzzStream
  • Moz
  • Screaming Frog
  • Ubersuggest

Beberapa alat SEO ini gratis, seperti alat analisis Cek SEO Rifqi Mulyawan dan Ubersuggest Neil Patel sementara yang lain berbayar.

Tergantung pada kebutuhan Anda, Anda dapat memilih salah satunya, berdasarkan laporan yang dapat dikembalikan.

Anda juga dapat beralih ke salah satu alat ini berdasarkan tingkat yang ramah pengguna.

Yup! Jika Anda seorang pemula ingin melakukan analisis SEO atau website analysis sendiri, tentunya Anda memerlukan alat sederhana dan dapat diandalkan.

Bagaimana Cara Memilih Website Analysis yang Baik untuk SEO?

Well, agen pemasaran yang berbeda pastinya akan melakukan berbagai jenis laporan SEO juga, sehingga tidak jarang laporan menyertakan poin yang berbeda.

Lihat Juga :  Press Release: Pengertian, Apa itu Siaran Pers? Tujuan, Fungsi, Contoh Cara Menulis, Alasan Penting, dan Perbedaannya dengan Iklan atau Promosi!

Namun, menurut Kami pribadi, adapun tools website analysis atau analisis SEO yang baik harus selalu menyertakan sejumlah poin penting, seperti berikut.

a. Data statistik

Pertama yaitu adalah data statistik.

Ya, ini adalah bagian terbesar dari analisis situs web SEO, tetapi dapat dengan mudah menjadi luar biasa, justru karena bisa sangat besar.

Saat Anda melakukan penelitian, Anda mengumpulkan banyak data statistik tentang berapa banyak orang yang mencari kata kunci tertentu atau seberapa baik kinerja pesaing Anda.

Selain itu, Anda juga mendapatkan informasi yang mungkin Anda lihat di program statistik web, seperti kecepatan memuat, navigasi, konten duplikat, dan rasio pentalan.

b. Analisis Detail SEO

Penjelasan tentang semua istilah yang digunakan dalam laporan adalah hal penting lainnya yang harus Anda temukan dalam analisis detail SEO.

Perusahaan pemasaran yang baik akan membuat analisis optimasi mesin pencari terperinci yang informatif dan mudah dibaca, bahkan untuk seseorang yang tidak memiliki pengetahuan tentang SEO.

c. Riset Kata Kunci

Selanjutnya yaitu riset kata kunci tertentu, yang dapat memberi Anda petunjuk tentang kata kunci mana yang terbaik untuk situs Anda.

Selain itu, semakin detail dan panjang kata kunci, pastinya akan semakin baik.

Beberapa situs benar-benar dapat menentukan peringkat untuk istilah luas, jadi cari frasa kunci untuk dioptimalkan.

Laporan kinerja kata kunci mencakup kesulitan untuk menentukan peringkat, kata kunci pesaing, dan pencarian bulanan.

d. Peringkat Mesin Pencari

Peringkat mesin pencari saat ini adalah poin penting lain dari evaluasi SEO dari sebuah situs web dan lebih banyak lebih baik dalam hal ini.

Benar! Pikirkan lebih dari seribu hasil di setiap mesin pencari utama di pasarnya.

Lihat Juga :  Begini Cara Meningkatkan Kecepatan Website (Web Speed)!

e. Link atau Tautan Internal

Yang paling akhir yaitu link atau tautan internal.

Simulasi terperinci dan khusus dapat menunjukkan perayap apa yang akan diindeks ketika mereka membaca situs, serta berapa banyak halaman yang diindeks, tautan yang bermasalah, dan kapan terakhir kali situs Anda dirayapi oleh mesin telusur.

Rekomendasi yang ada sering kali bersifat opsional dalam laporan SEO karena spesialis atau perusahaan yang melakukan laporan bertujuan untuk bekerja sama dengan Anda dalam proyek SEO.

Namun, ada perusahaan yang menambahkan bagian ini ke analisis website mereka untuk SEO yang memungkinkan pemilik situs untuk membuat sendiri beberapa elemen, berdasarkan laporan.

Penutup

Terlepas dari hal di atas, laporan analisis SEO berisi tata letak situs, penggunaan deskripsi meta dan teks alternatif untuk gambar, halaman tanpa konten, tautan berisi spam, tautan balik (backlink), integrasi media sosial, dan respons desain situs.

Memang, integrasi media sosial dan responsive website terbilang sangat penting dalam lingkungan digital saat ini ketika memiliki situs ramah seluler tidak cukup untuk tampil di mesin pencari.

Oke, laporan SEO yang menarik di situs Anda sangat penting untuk membangun kampanye SEO yang efektif.

Analisis SEO atau website analysis menunjukkan titik lemah mana dari sebuah situs web dan bagaimana mereka dapat ditingkatkan untuk meningkatkan peringkat situs dan mulai menghasilkan lebih banyak prospek.

Pada saat yang sama, laporan tersebut memungkinkan Anda untuk fokus pada elemen yang dapat membantu situs Anda berkembang, elemen dengan dampak tertinggi pada SEO.

Nantikan selalu update tentang informasi teknologi terbaru hanya di blog RM Digital Indonesia. Sekian dari Kami, terima kasih.

Berikan KomentarBatalkan balasan

Postingan Terbaru

  • Faktor Penggunaan Kata: Pengertian, Jenis Macam Tingkatan (Level), Contoh, serta Perkembangannya!
  • Paid Media: Pengertian, Jenis, Perbedaan, dan Apa Saja Contohnya!
  • Apa itu Digital Marketing, Kenapa, Bagaimana, dan untuk Siapa Pemasaran Digital?
  • Artikel SEO: Pengertian, Apa itu Konten dan Artikel SEO Friendly? Tips Cara Membuat, Menulis, serta Pentingnya!
  • Press Release: Pengertian, Apa itu Siaran Pers? Tujuan, Fungsi, Contoh Cara Menulis, Alasan Penting, dan Perbedaannya dengan Iklan atau Promosi!
  • 3 Software Manajemen Aset Gratis Terbaik dan Contoh Cara Penggunaannya!
  • Advertising (Ad) Agency: Pengertian, Apa itu Agensi Periklanan dan Digital? Jenis Macam Peran serta Tugasnya!
  • Loading Time: Apa itu Waktu Memuat dan Pengaruhnya dengan Conversion (Konversi)?
  • Kenapa Search Engine Optimization (SEO) Adalah Proses yang Berkelanjutan (Ongoing Process)?

Kategori

  • Lainnya (2)
  • Marketing (3)
  • SEO (6)
  • Teknologi (3)
  • Website (10)

Diskusikan

Siap Berbisnis Digital?

Biarkan Kami membantu industri bisnis Anda.

Mari Bicarakan
RM Digital
Agensi kinerja web, SEO, dan media berbayar oleh praktisi di bidangnya untuk kualitas, kecepatan, dan efektivitas.
Informasi
  • Tentang
  • Mitra Kami
  • Kebijakan Privasi
  • Ketentuan Layanan
  • Pasal Sanggahan
Sosial Kami
Facebook
Instagram
LinkedIn
Twitter
Dapatkan informasi dan layanan gratis dari Kami.
Mohon masukan alamat email yang sah.

© 2025 RM Digital. Segala Hak Cipta Dilindungi.

rmdigital.co.id menggunakan cookies untuk meningkatkan kebergunaan pengguna. Lanjutkan Kebijakan Privasi
Cookie

Privacy Overview

Situs web rmdigital.co.id menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman kalian saat kalian menavigasi melalui situs web. Di luar cookie ini, cookie yang dikategorikan sebagai sesuatu yang perlu disimpan di browser kalian karena sangat penting untuk fungsi dasar website. Kami juga menggunakan cookie pihak ke-3 (tiga) yang membantu Kami menganalisis dan memahami bagaimana kalian menggunakan situs web ini. Cookies ini akan disimpan di browser kalian hanya dengan persetujuan kalian. kalian juga memiliki opsi untuk menyisih dari cookie ini. Tetapi memilih keluar dari beberapa cookie ini mungkin berpengaruh pada pengalaman <em>browsing</em> kalian.
Diperlukan
Always Enabled
Cookie yang diperlukan sangat penting agar situs web RM Digital dapat berfungsi dengan baik. Kategori ini hanya mencakup cookie yang menjamin hal-hal terkait fungsionalitas basis, dasar dan fitur keamanan situs web. Selain itu, perlu Kami tekankan bahwa ini sama sekali tidak menyimpan informasi pribadi kalian, apa pun itu.
Tidak Diperlukan
Cookie apa pun yang mungkin tidak terlalu diperlukan agar situs web RM Digital dapat berfungsi dan digunakan secara khusus untuk mengumpulkan data pribadi pengguna atau audiens melalui analitik, iklan, konten embedded (tersemat) yang lainnya disebut dengan cookie yang tidak dibutuhkan. Sebagai pemilik website ini, maka Kami wajib untuk meminta dan mendapatkan persetujuan pengguna sebelum menjalankannya di situs web kalian.
SAVE & ACCEPT