Apa itu Analisis Website dan Konten? Apa Saja Tools atau Alat untuk Menganalisa Performanya?
Ya, seperti yang kita ketahui, tools atau alat analisisa website membantu mengoptimalkan situs web Anda, meningkatkan SEO, peringkat pencarian Anda.
Itu tentunya dilakukan untuk mengarahkan lebih banyak traffic (lalu lintas pengunjung) ke situs web Anda.
Jika Anda memiliki strategi online untuk bisnis Anda, Anda tentunya memerlukan alat analisis performa situs web untuk memastikan halaman web Anda sangat terlihat oleh target pasar Anda.
Oke, jadi, mengapa visibilitas situs web dan optimisasi mesin pencari atau Search Engine Optimization (SEO) itu penting?
Benar, mesin pencari, seperti Google (yang menyumbang hampir dua pertiga dari semua pencarian web di Indonesia) dan Bing, menggunakan algoritme yang menganalisis konten halaman situs web Anda.
Mesin pencari tidak hanya melihat kata kunci, mereka juga menilai kesesuaian dan relevansi konten dengan istilah pencarian yang diajukan oleh pengguna.
Pendekatan yang dilakukan oleh Google Artificial Intelligence (Al), melalui algoritme pencarian seperti Google PageRank (PR) membantu pencari dengan cepat menemukan informasi yang mereka inginkan, menemukan solusi yang tepat, dan terlibat dengan bisnis Anda.
Mari kita lihat detail definisi dan apa saja jenis macam alatnya berikut.
Daftar Isi Laman:
Apa itu Analisis Website?
Sebelum kita membahas lebih lanjut, mari kita kenali terlebih dahulu apa itu analisis website.
Dikenal dengan istilah website analysis, seperti namanya, analisis situs web adalah praktik yang melibatkan melihat bagaimana kinerja situs web Anda dan melakukan peningkatan untuk mendorong lebih banyak prospek dan pendapatan.
Dengan melakukannya, Anda dapat menganalisis area kinerja yang berbeda, mulai dari peringkat Anda di hasil pencarian hingga kecepatan memuat situs web Anda.
Apa itu Analisis Konten Situs Web?
Selanjutnya, ada juga yang dikenal dengan akronim website content analysis atau analisis konten situs web.
Ini juga sering disebut dengan audit konten, ini menjelaskan proses melihat semua konten dari situs web Anda, termasuk seperti halaman, posting, video, halaman arahan, dan banyak lagi lainnya.
Analisis konten website dapat menentukan kekuatan, kelemahan, dan statusnya saat ini.
Perlu kalian ketahui bahwa untuk audit konten yang efektif memberikan wawasan utama tentang di mana Anda berkinerja baik dan di mana Anda memiliki pekerjaan yang harus dilakukan.
6 Tools (Alat) untuk Melakukan Analisis Performa Website

Baik, jadi, apa saja jenis macam tools atau alat dalam cara analisis performa website?
Ada banyak alat yang tersedia bagi Anda untuk membantu analisis situs web Anda dan kinerjanya dibandingkan dengan tujuan pemasaran situs web perusahaan Anda.
Berikut ini adalah 6 (enam) tools atau alat analisis performa situs web terbaik yang tersedia untuk bisnis Anda.
1. Google Analytics
Pertama, tidak diragukan lagi yang terbaik dari Google sendiri, yaitu Google Analytics.
Ini adalah alat analisis web yang pertama kali ditawarkan pada bulan november 2005.
Dikenal dengan singkatan GA, ini adalah alat analisis situs web yang paling banyak digunakan untuk lalu lintas pada bulan februari 2019.
Google Analytics digunakan di banyak situs web dan memiliki pangsa pasar lebih dari 80%, di mana alat ini juga memiliki versi seluler yang dapat digunakan dengan smartphone yang berbasis iOS atau Android.
2. Google PageSpeed
Alat analisis performa situs web lain dari Google yang populer lainnya yaitu adalah Google PageSpeed.
Tools ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2010.
Google PageSpeed Insight ini adalah paket alat yang dirancang untuk membantu situs web memenuhi atau tetap mematuhi praktik terbaik kinerja web perusahaan.
PageSpeed menguji kemampuan halaman web Anda untuk memenuhi atau melampaui aturan berikut untuk mengoptimalkan keberadaan web Anda:
- Menghindari pengalihan halaman arahan Anda.
- Mengaktifkan kompresi.
- Melakukan perbaikan pada waktu respons server Anda.
- Memanfaatkan caching browser.
- Menghapus data yang tidak perlu atau berlebihan (yang mengurangi sumber daya).
- Pengoptimalan gambar.
- Optimasi pengiriman Cascading Style Sheet (CSS).
- Mmemprioritaskan konten yang terlihat.
- Menghapus JavaScript yang memblokir render.
- Dan beberapa hal terkait lainnya.
3. WooRank
WooRank adalah alat analisis performa SEO dan ulasan situs web yang disertakan sebagai ekstensi Google Chrome gratis.
WooRank disebut-sebut sebagai pelacak sederhana dan mudah digunakan yang memberi Anda gambaran lengkap tentang pengoptimalan situs web Anda dan menautkan temuannya ke data pemasaran Anda.
Adapun untuk versi alat berbayar yang lebih mendalam pastinya dapat memberikan analisis terperinci tentang situs web Anda dan memberikan tip tentang bagaimana visibilitas online bisnis Anda dan peringkat situs web dapat ditingkatkan.
4. GTMetrix
GTMetrix adalah pengoptimal pemuatan halaman situs web yang dibuat untuk membantu situs web Anda memenuhi praktik terbaik kinerja web untuk mesin pencari.
Alat uji kecepatan dikembangkan oleh GT.net yang berbasis di Kanada dan dirancang untuk memberikan analisis kinerja dan performa yang mudah untuk situs web pelanggan hosting mereka.
Ini dirancang agar intuitif dan mudah bagi pemula (dengan sedikit atau tanpa pengalaman menggunakan alat analisis situs web) untuk menggunakan dan memahami metrik (Google PageSpeed ​​Insights dan YSlow) yang dihasilkan oleh alat tersebut.
5. SEMRush
Tools (alat) analisisa performa website ke-5 (lima) yang akan Kami jelaskan di sini yaitu adalah SEMRush.
Alat ini melakukan berbagai pemeriksaan di situs web Anda, dengan hasil yang diinginkan untuk meningkatkan dan mengoptimalkan keberadaan web Anda.
Adapun untuk tes kinerjanya mencakup audit situs Anda dan memeriksa kesehatannya, peningkatan SEO, penelitian nilai kata kunci, dan analisis tautan balik Anda.
Ini adalah alat berbayar yang melakukan serangkaian analisis komprehensif, membuat rekomendasi, dan membantu meningkatkan pengalaman web Anda.
6. URLWebsite
Tools atau alat analisis website terakhir yaitu adalah URLWebsite.
Alat web online gratis ini, terbilang lebih mengacu pada pengecekan harga taksiran situs web, namun dengan data yang mereka berikan, kita dapat melihat data apa saja yang ada pada website kita.
Data-data yang mereka tampilkan tersebut termasuk seperti metrik mesin pencari, analisis SEO, keyword, dan banyak data lainnya lagi selain harga taksiran dari websitenya.
Penutup
Baik, itulah pembahasan tentang apa itu analisis website dan konten, serta apa saja tools atau alat untuk menganalisa performanya yang dapat Kami bagikan dalam tulisan kali ini.
Selain apa yang sudah Kami sebutkan di atas, tentunya masih banyak alat analisis web lain yang tersedia untuk bisnis Anda.
Mempelajari solusi terbaik untuk bisnis Anda memerlukan layanan agensi yang memahami cara terbaik untuk mengoptimalkan keberadaan web Anda.
Sebagai tambahan dan lebih mengacu pada analisis on-page SEO, kalian dapat menggunakan tools atau alat analisis SEO Kami untuk menganalisa website Anda.
Selain itu, jangan lupa juga untuk melakukan konsultasi gratis dengan Kami terkait praktik dalam meningkatkan kualitas lalu lintas situs web dan peringkat halaman Anda.
Nantikan selalu update tentang informasi teknologi terbaru hanya di blog RM Digital Indonesia. Sekian dari Kami, terima kasih.