+321 123 4567
[email protected]
RM Digital Main Logo Normal
  • Beranda
  • Blog
  • Kamus
  • Produk
  • Layanan
  • Alat
    • Analisis SEO
      • Analisis SEO Baru
      • Analisis SEO Terbaru
  • Kontak
RM Digital Main Logo Normal Small

Bekerja Sama dengan Kami

Silahkan isi formulir di bawah ini untuk berbicara dengan seseorang dari tim Kami.

Nama
Fill out this field
E-Mail Bisnis *
Mohon masukan alamat email yang sah.
Telepon
Fill out this field
Budget
Select an option
Pertanyaan Keamanan 30 - 11 = ?
Enter the equation result to proceed

Paid Media: Pengertian, Jenis, Perbedaan, dan Apa Saja Contohnya!

Diposting: 27 April 2022
Tidak ada komentar
Gambar Dari Pengertian Paid Media Apa Itu Media Berbayar Jenis Perbedaan Serta Apa Saja Contoh Alasan Dan Pentingnya

Mengenal Pengertian Paid Media, Apa itu Media Berbayar? Jenis dan Perbedaannya, serta Apa Saja Contoh, Alasan, dan Pentingnya!

Strategi konten yang efektif tidak hanya mengandalkan satu taktik saja.

Menghasilkan prospek yang memenuhi syarat mengharuskan Anda untuk secara teratur menerbitkan konten yang menarik dan berharga, menjelajahi peluang blogging tamu, mengidentifikasi kampanye pemasaran bersama, dan menyusun strategi untuk mempromosikan konten tersebut.

Betul! Media berbayar merupakan salah satu metodenya, yang di mana itu membuat organisasi dapat mempromosikan konten mereka melalui posting media sosial yang disponsori, iklan bergambar, hasil pencarian berbayar, iklan video, pop-up, dan multimedia promosi lainnya.

Media berbayar dapat menjadi peluang yang efektif untuk memperluas jangkauan merek Anda, mendapatkan lebih banyak klik, dan menghasilkan lebih banyak lalu lintas.

Berdasarkan daripada hal tersebutlah, dalam postingan kali ini Kami akan menghilangkan keawaman orang-orang yang baru mengenal dunia internet dan digital marketing tentang apa itu yang disebut dengan paid media.

Baiklah langsung saja, mari kita simak ulasannya berikut di bawah ini!

Daftar Isi Laman:

  • Pengertian Paid Media
  • Apa itu Media Berbayar?
  • Jenis Macam Media (Earned, Owned, Paid) dan Perbedaannya
    • a. Paid Media
    • b. Earned Media
    • b. Owned Media
  • Contoh dari Paid Media
  • Apa Alasan untuk Harus Menggunakan Paid Media?
  • Bagaimana Sebenarnya Cara Kerja Media Berbayar?
  • Penutup

Pengertian Paid Media

Berarti media berbayar (dalam bahasa Indonesia), istilah paid media adalah mengacu pada upaya pemasaran eksternal yang melibatkan penempatan berbayar, seperti iklan bayar per klik, konten bermerek, dan iklan bergambar.

Sebagai mana yang juga dijelaskan oleh sumber dari simpulan Kami yang berasal dari Situs Gartner, media berbayar adalah komponen penting dari pertumbuhan pendapatan dan kesadaran merek untuk bisnis online.

Perlu untuk diketahui bahwa istilah media berbayar ini juga berkaitan erat dengan ads atau advertising agency yang pengertiannya dapat kalian baca selengkapnya di sini.

Apa itu Media Berbayar?

Oke, jadi apa itu sebenarnya yang dimaksud dengan kata media berbayar ini?

Baik, seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, istilah ini lebih dikenal dengan sebutan paid media secara global.

Secara khusus, media berbayar adalah bagian dari pemasaran dan periklanan yang membutuhkan pembelian ruang iklan untuk mempromosikan merek ke khalayak yang lebih besar.

Lihat Juga :  Faktor Penggunaan Kata: Pengertian, Jenis Macam Tingkatan (Level), Contoh, serta Perkembangannya!

Brand atau merek membayar promosi konten untuk menyebarkan pesan mereka kepada audiens, dalam skala besar.

Media berbayar juga merupakan bagian dari strategi merek untuk meningkatkan lalu lintas, penjualan, dan konversi melalui klik, dan pada akhirnya meningkatkan pendapatan.

Komponen penting dari strategi digital untuk kesadaran merek dan pertumbuhan pendapatan adalah media.

Media di sini, bertindak sebagai saluran dan real estate yang membawa pesan merek dan mempromosikan merek atau pesan merek dan mereka juga terbagi menjadi beberapa jenis (akan kita bahas di subbagian selanjutnya).

Jenis Macam Media (Earned, Owned, Paid) dan Perbedaannya

Ilustrasi Gambar Jenis Macam Tipe Paid Earned Owned Media Contoh Alasan Dan Kenapa Itu Penting
Ilustrasi Gambar Jenis Macam Tipe Paid Earned Owned Media Contoh Alasan Dan Kenapa Itu Penting

Anda mungkin pernah mendengar tentang berbagai jenis media: dibayar, earned (diperoleh), dan owned (dimiliki).

Yup! Anda tahu itu semua adalah alat yang berguna yang dapat membantu Anda mengembangkan bisnis Anda, tetapi mungkin Anda tidak begitu yakin apa yang dibutuhkan oleh masing-masing alat tersebut.

Menggabungkan media yang diperoleh (dikenal dengan istilah earned media), dimiliki (owned media), dan dibayar (paid media) akan membantu Anda menarik, memelihara, dan menutup prospek.

Meskipun ketiga upaya media penting untuk tujuan Anda secara keseluruhan dan harus menyatu dalam strategi Anda, masih ada perbedaan yang jelas.

Mari kita lihat masing-masing dari jenis macamnya secara detail berikut ini.

a. Paid Media

Jenis macam media berbayar pertama adalah yang kita bahas itu sendiri, yaitu paid media.

Meskipun arus masuk media saat ini mungkin menyulitkan untuk membuat pesan perusahaan Anda didengar secara organik, itu juga membawa masuknya metode untuk mempromosikannya.

Media berbayar berfungsi sebagai metode untuk mempromosikan konten dan mendorong eksposur, dan ada berbagai teknik berbayar yang dapat Anda gunakan untuk memperkuat media yang Anda miliki dan membantu Anda memenangkan lebih banyak media yang diperoleh.

Sebagai contoh misalnya, platform media sosial seperti Twitter, LinkedIn, Facebook, Pinterest, atau TikTok menawarkan opsi iklan yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan eksposur Anda.

Kami pribadi telah menemukan bahwa LinkedIn dan Twitter adalah platform promosi paling efektif untuk audiens pemasar B2B Kami, tetapi Anda dapat menggunakan strategi serupa di Facebook atau Pinterest.

Lihat Juga :  Custom Digital Marketing: Pengertian dan Apa Saja Manfaat Kostumisasinya!

Betul! Itu semua tergantung di mana audiens target Anda paling aktif dan terlibat dengan merek Anda.

Secara singkat, media berbayar merupakan pemasaran yang Anda bayar dan itu bisa meliputi iklan TV, iklan cetak, sponsorship, dan jenis media lainnya.

Dalam pemasaran digital atau yang kita kenal dengan istilah digital marketing (baca pengertian apa itu digital marketing di sini) paid media mencakup iklan bayar per klik atau Pay Per Click (PPC), iklan media sosial berbayar, dan pemasaran mesin pencari atau Search Engine Marketing (SEM).

b. Earned Media

Jenis macam selanjutnya yaitu adalah earned media.

Sederhananya, media yang diperoleh atau earned media mengacu pada paparan media yang Anda peroleh dari mulut ke mulut.

Baik itu konten fantastis yang Anda distribusikan, pengaruh upaya SEO Anda, pengalaman pelanggan yang Anda berikan, atau kombinasi dari ketiganya, media yang diperoleh mengacu pada pengakuan yang Anda terima sebagai hasilnya.

Anda dapat memperoleh media dengan mendapatkan sebutan pers, ulasan positif, repost, rekomendasi, dan lain sebagainya.

Selain itu, Anda juga dapat memfasilitasi perolehan media dengan membantu jurnalis dan penulis konten menulis artikel mereka, atau menyumbangkan konten kepemimpinan pemikiran Anda sendiri ke publikasi industri.

Berkat meningkatnya popularitas platform media sosial seperti Twitter dan Quora, menjadi lebih mudah bagi penulis konten dan jurnalis untuk menjangkau bisnis Anda untuk mendapatkan kutipan dan wawasan untuk disebutkan dalam artikel mereka.

Yup! Jenis akreditasi ini membantu membangun kepercayaan seputar keahlian Anda.

b. Owned Media

Jenis macam media berbayar terakhir yang akan Kami jelaskan di sini yaitu adalah owned media.

Berarti media yang dimiliki, ini adalah konten yang Anda kendalikan sepenuhnya.

Pikirkan konten untuk situs web perusahaan Anda, blog Anda, dan akun media sosial Anda.

Meskipun konten media yang dimiliki dapat mengambil berbagai bentuk, sebagai contoh misalnya seperti postingan blog, studi kasus, whitepaper, dan lain sebagainya.

Benar! Tujuan utama konten ini adalah untuk terus memberikan nilai kepada prospek saat mereka bergerak ke bawah corong (down funnel).

Aset ini menawarkan pesan yang lebih terkontrol, namun tidak terlalu promosi terus menerus tentang perusahaan Anda.

Lihat Juga :  Advertising (Ad) Agency: Pengertian, Apa itu Agensi Periklanan dan Digital? Jenis Macam Peran serta Tugasnya!

Jadi, jika Anda ingin meningkatkan prospek yang telah Anda hasilkan dengan media yang diperoleh atau memenangkan lebih banyak lagi, penting bagi Anda untuk berfokus pada menghasilkan sumber daya yang mendidik dan berharga ini.

Yup! Pada akhirnya, konten ini dapat membantu prospek menentukan apakah bekerja dengan Anda adalah pilihan yang tepat untuk mereka atau tidak.

Contoh dari Paid Media

Bagaimana, sudah paham bukan?

Well, memang, media yang diperoleh (earned) adalah paparan dari metode yang tidak dibayar, seperti ulasan pelanggan dan artikel majalah.

Keseimbangan antara media berbayar dan media yang diperoleh sangat penting dalam promosi jangka panjang bisnis kecil Anda.

Terlepas daripada itu, adapun beberapa contoh dari paid media yang perlu kalian ketahui adalah sebagai berikut:

  • Hasil pencarian berbayar (paid search engine)
  • Facebook dan iklan media sosial lainnya
  • Sponsor buletin
  • Pemasaran influencer

Apa Alasan untuk Harus Menggunakan Paid Media?

Untuk pertanyaan ini, paid atau media berbayar dianggap penting dalam strategi pemasaran digital yang lengkap.

Berbeda dari pemasaran masuk, media berbayar memungkinkan Anda untuk langsung tampil di depan audiens target Anda dan melibatkan mereka di mana mereka telah menghabiskan waktu mereka.

Bagaimana Sebenarnya Cara Kerja Media Berbayar?

Media berbayar yaitu ketika usaha kecil membayar untuk penempatan di platform seperti situs web, mesin pencari, media sosial, iklan video, pop-up situs web, newsletter (buletin), dan lain sebagainya.

Benar! Dengan menggunakan media berbayar, Anda dapat menjangkau audiens yang mungkin tidak pernah telah menemukan Anda sendiri.

Penutup

Oke, Kami pikir sudah cukup jelas sekarang dalam membahas terkait pengenalan pengertian paid media, apa itu media berbayar? jenis dan perbedaannya, serta apa saja contoh, alasan, dan pentingnya.

Secara keseluruhan, paid media dapat didefinisikan sebagai pembelian inventaris iklan di saluran media atau situs penerbit untuk menyiarkan pesan merek Anda dan menjangkau audiens target Anda.

Medi berbayar ini adalah bentuk periklanan digital yang mencakup konten bersponsor untuk mempromosikan produk atau layanan merek.

Nantikan selalu update tentang informasi teknologi terbaru hanya di blog RM Digital Indonesia. Sekian dari Kami, terima kasih.

Berikan KomentarBatalkan balasan

Postingan Terbaru

  • Faktor Penggunaan Kata: Pengertian, Jenis Macam Tingkatan (Level), Contoh, serta Perkembangannya!
  • Paid Media: Pengertian, Jenis, Perbedaan, dan Apa Saja Contohnya!
  • Apa itu Digital Marketing, Kenapa, Bagaimana, dan untuk Siapa Pemasaran Digital?
  • Artikel SEO: Pengertian, Apa itu Konten dan Artikel SEO Friendly? Tips Cara Membuat, Menulis, serta Pentingnya!
  • Press Release: Pengertian, Apa itu Siaran Pers? Tujuan, Fungsi, Contoh Cara Menulis, Alasan Penting, dan Perbedaannya dengan Iklan atau Promosi!
  • 3 Software Manajemen Aset Gratis Terbaik dan Contoh Cara Penggunaannya!
  • Advertising (Ad) Agency: Pengertian, Apa itu Agensi Periklanan dan Digital? Jenis Macam Peran serta Tugasnya!
  • Loading Time: Apa itu Waktu Memuat dan Pengaruhnya dengan Conversion (Konversi)?
  • Kenapa Search Engine Optimization (SEO) Adalah Proses yang Berkelanjutan (Ongoing Process)?

Kategori

  • Lainnya (2)
  • Marketing (3)
  • SEO (6)
  • Teknologi (3)
  • Website (10)

Diskusikan

Siap Berbisnis Digital?

Biarkan Kami membantu industri bisnis Anda.

Mari Bicarakan
RM Digital
Agensi kinerja web, SEO, dan media berbayar oleh praktisi di bidangnya untuk kualitas, kecepatan, dan efektivitas.
Informasi
  • Tentang
  • Mitra Kami
  • Kebijakan Privasi
  • Ketentuan Layanan
  • Pasal Sanggahan
Sosial Kami
Facebook
Instagram
LinkedIn
Twitter
Dapatkan informasi dan layanan gratis dari Kami.
Mohon masukan alamat email yang sah.

© 2025 RM Digital. Segala Hak Cipta Dilindungi.

rmdigital.co.id menggunakan cookies untuk meningkatkan kebergunaan pengguna. Lanjutkan Kebijakan Privasi
Cookie

Privacy Overview

Situs web rmdigital.co.id menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman kalian saat kalian menavigasi melalui situs web. Di luar cookie ini, cookie yang dikategorikan sebagai sesuatu yang perlu disimpan di browser kalian karena sangat penting untuk fungsi dasar website. Kami juga menggunakan cookie pihak ke-3 (tiga) yang membantu Kami menganalisis dan memahami bagaimana kalian menggunakan situs web ini. Cookies ini akan disimpan di browser kalian hanya dengan persetujuan kalian. kalian juga memiliki opsi untuk menyisih dari cookie ini. Tetapi memilih keluar dari beberapa cookie ini mungkin berpengaruh pada pengalaman <em>browsing</em> kalian.
Diperlukan
Always Enabled
Cookie yang diperlukan sangat penting agar situs web RM Digital dapat berfungsi dengan baik. Kategori ini hanya mencakup cookie yang menjamin hal-hal terkait fungsionalitas basis, dasar dan fitur keamanan situs web. Selain itu, perlu Kami tekankan bahwa ini sama sekali tidak menyimpan informasi pribadi kalian, apa pun itu.
Tidak Diperlukan
Cookie apa pun yang mungkin tidak terlalu diperlukan agar situs web RM Digital dapat berfungsi dan digunakan secara khusus untuk mengumpulkan data pribadi pengguna atau audiens melalui analitik, iklan, konten embedded (tersemat) yang lainnya disebut dengan cookie yang tidak dibutuhkan. Sebagai pemilik website ini, maka Kami wajib untuk meminta dan mendapatkan persetujuan pengguna sebelum menjalankannya di situs web kalian.
SAVE & ACCEPT