+321 123 4567
[email protected]
RM Digital Main Logo Normal
  • Beranda
  • Blog
  • Kamus
  • Produk
  • Layanan
  • Alat
    • Analisis SEO
      • Analisis SEO Baru
      • Analisis SEO Terbaru
  • Kontak
RM Digital Main Logo Normal Small

Bekerja Sama dengan Kami

Silahkan isi formulir di bawah ini untuk berbicara dengan seseorang dari tim Kami.

Nama
Fill out this field
E-Mail Bisnis *
Mohon masukan alamat email yang sah.
Telepon
Fill out this field
Budget
Select an option
Pertanyaan Keamanan 22 - 1 = ?
Enter the equation result to proceed

Loading Time: Apa itu Waktu Memuat dan Pengaruhnya dengan Conversion (Konversi)?

Diposting: 28 Februari 2022
Tidak ada komentar
Gambar Dari Pengertian Apa Itu Loading Time Dan Pengaruhnya Dengan Conversion Atau Konversi Situs Website Anda

Mengenal Pengertian Apa itu Loading Time dan Pengaruhnya dengan Conversion atau Konversi Situs Website Anda.

Sejak Google mulai memprioritaskan konten untuk smartphone (mobile), waktu buka halaman telah menjadi topik hangat untuk peningkatan situs web.

Benar! Bukan hanya karena meningkatnya permintaan dari pengunjung seluler tetapi karena potensi kehilangan pelanggan dan prospek.

Bagi pengguna, tidak ada yang lebih membuat frustrasi daripada situs web yang membutuhkan waktu lama untuk dimuat.

Faktanya, karena alasan ini, Google menganggap “speed (kecepatan)” sebagai faktor peringkat langsung.

Meskipun tidak ada angka pasti, dan waktu pemuatan rata-rata bervariasi dari satu industri ke industri lainnya, riset yang Kami lakukan mendapati bahwa sekitar 43% lebih pengguna mengharapkan situs web dimuat dalam 2-3 (dua sampai tiga) detik atau kurang.

Daftar Isi Laman:

  • Apa itu Loading Time?
  • Key Performance Index (KPI) Apa yang Harus Anda Monitor atau Pantau?
    • a. Time to Start render (TTSR)
    • b. Time to First Byte (TTFB)
    • c. Bounce Rate (Tingkat Pentalan)
    • d. Resource Download Time
    • e. Average Time Spent on Page
  • Bagaimana Loading Time atau Waktu Pemuatan Memengaruhi Konversi?
    • 1. Kecepatan Memuat (Loading Time) Memengaruhi Bounce Rate
    • 2. Website Loading Speed dapat Meningkatkan Page Views atau Tampilan Halaman
    • 3. Dampak Langsung pada Conversion (Konversi)
  • Penutup

Apa itu Loading Time?

Berarti kecepatan memuat (dalam bahasa Indonesia), pengertian loading time adalah waktu yang diperlukan, diukur dalam detik, agar halaman web diunduh dan ditampilkan di browser pengguna.

Kecepatan pemuatan ini adalah indikator kuat dari “kesehatan” situs web secara keseluruhan, dan dapat dikorelasikan dengan beberapa indikator kinerja utama aktual dari bisnis yang memilikinya.

Di dunia yang serba cepat, di mana pengguna telah terbiasa menerima informasi dalam hitungan detik, faktor-faktor seperti kecepatan memuat dapat menjadi sangat penting untuk kinerja situs web secara keseluruhan.

Terkait itu, adapun sejumlah faktor dapat memengaruhi kecepatan pemuatan situs web Anda, termasuk, namun tidak terbatas pada:

  • Server tempat situs web di-hosting.
  • Ukuran dan jumlah file situs web.
  • Masalah Javascript yang belum terselesaikan.
  • Jumlah request atau permintaan HTTP.
  • Penggunaan jaringan pengiriman konten (content delivery).

Ya! Karena itu, seorang digital marketer atau pemasar perlu secara konsisten memantau kinerja situs web mereka menggunakan analisis data, mengidentifikasi elemen yang mungkin menyebabkan kemacetan, serta, mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk meningkatkan kecepatan pemuatan dan meningkatkan pengalaman pengguna.

Lihat Juga :  Money Site: Pengertian, Jenis dan Contoh, Cara Identikasi serta Perbedaannya dengan Situs Lainnya!

Adapun untuk alat terbaik untuk memeriksa kecepatan pemuatan, pertama dan terpenting, yaitu pengguna memerlukan alat yang andal untuk mengevaluasi kinerja situs web mereka. Alat berikut dapat membantu melakukannya.

GTMetrix adalah salah satu alat uji kecepatan halaman paling andal di internet saat ini.

Selain menyediakan Google PageSpeed ​​dan Yahoo! Mereka juga menyediakan skor YSlow, bersama dengan detail penting seperti waktu yang dimuat penuh, ukuran halaman total, dan jumlah permintaan.

Ya! Alat ini juga memberikan rekomendasi yang cerdas dan mendalam tentang cara meningkatkan skor tersebut.

GTMetrix juga memungkinkan pengguna menganalisis situs web dari 28 server (di 7 wilayah geografis), mengatur peringatan, memvisualisasikan kinerja melalui 3 (tiga) grafik berbeda, dan banyak lagi.

Selain itu ada juga Google PageSpeed ​​Insights yang merupakan alat utama lainnya yang menyediakan data dan saran mendalam terkait kecepatan pemuatan.

Dikembangkan oleh Google sendiri, alat ini menilai situs web pada skala 1 hingga 100, dengan skor 90 atau lebih yang menunjukkan bahwa situs web tersebut “cepat”.

Pengguna juga dapat dengan mudah beralih antara laporan seluler dan desktop.

Selain itu, ada juga beberapa alat lainnya, termasuk seperti KeyCDN, WebPageTest, dan Varvy PageSpeed ​​Optimization.

Key Performance Index (KPI) Apa yang Harus Anda Monitor atau Pantau?

Melacak kecepatan dan metrik perilaku tertentu akan membantu Anda mengukur keseluruhan kinerja situs web Anda, dan meningkatkan kecepatan pemuatan dalam prosesnya.

Berikut adalah beberapa metrik yang harus Anda pantau.

a. Time to Start render (TTSR)

Time to Start Render (TTSR) adalah waktu yang dibutuhkan konten halaman untuk ditampilkan di browser pengguna sejak permintaan/klik awal dibuat.

Intinya, semakin cepat konten ditampilkan, semakin cepat pengunjung dapat terlibat dengan situs web.

b. Time to First Byte (TTFB)

Mirip dengan TTSR, Time to First Byte (TTFB) adalah waktu yang dibutuhkan browser web untuk menerima byte pertama informasi dari server situs web.

Google menganggap TTFB sebagai faktor peringkat langsung.

Adapun untuk ukuran TTFB yang baik adalah 100 milidetik untuk konten statis dan 200 – 500 milidetik untuk konten dinamis.

c. Bounce Rate (Tingkat Pentalan)

Bounce rate atau tingkat, dan rasio pentalan ini mengacu pada persentase kunjungan situs yang tidak berlanjut ke halaman lain (yaitu, berakhir di halaman yang sama).

Lihat Juga :  Hello World! Hai, Selamat Datang, Ini Adalah Postingan Pertama RM Digital!

Seorang pengunjung (katakanlah pengguna) dikatakan telah “memantul” jika mereka meninggalkan situs web tanpa berinteraksi dengannya, yaitu mengklik halaman ke-2 (dua).

Rasio pentalan dihitung dengan membagi jumlah total kunjungan satu halaman dengan total kunjungan/entri.

Meskipun metrik perilaku, rasio pentalan yang tinggi biasanya dapat dikaitkan dengan masalah kinerja dan keterlibatan pengguna.

d. Resource Download Time

Resource download time, atau waktu unduh sumber daya mengacu pada waktu yang diperlukan untuk semua file, termasuk seperti file Javascript, skrip CSS, font, gambar, dan lain sebagainya.

Untuk men-download, sebagian besar alat analitik menunjukkan ini sebagai daftar atau “waterfall (air terjun)”, yang menampilkan waktu yang diperlukan untuk mengunduh setiap elemen.

e. Average Time Spent on Page

Metrik average time spent on page atau waktu rata-rata dihabiskan pada halaman ini mencerminkan berapa lama pengunjung menghabiskan rata-rata pada halaman tertentu, dan dapat menjadi indikator kinerja yang baik (mirip dengan rasio pentalan).

Meskipun tidak ada angka yang ideal, karena waktu yang dihabiskan di halaman bergantung pada tujuan yang ditampilkan halaman dan niat pengguna, para ahli merekomendasikan untuk membidik 2-3 (dua hingga tiga) menit untuk durasi sesi rata-ratanya.

Bagaimana Loading Time atau Waktu Pemuatan Memengaruhi Konversi?

Ilustrasi Gambar Bagaimana Faktor Loading Time Dapat Mempengaruhi Conversion Atau Konversi Situs Website Anda
Ilustrasi Gambar Bagaimana Faktor Loading Time Dapat Mempengaruhi Conversion Atau Konversi Situs Website Anda

Jadi, bagaimana faktor loading time atau waktu pemuatan ini dapat mempengaruhi konversi (penghasilan atau keuntungan) situs web Anda.

Well, sayangnya, tingkat konversi Anda mungkin mengalami konsekuensi jika situs web Anda terlalu lama dimuat.

Berikut adalah beberapa statistik yang membuka mata yang menjelaskan bagaimana kecepatan pemuatan memengaruhi konversi, dan mengapa itu harus menjadi bagian dari strategi pengoptimalan tingkat konversi Anda.

1. Kecepatan Memuat (Loading Time) Memengaruhi Bounce Rate

Statistik pertama yang akan Kami jelaskan yaitu adalah bahwa kecepatan memuat (loading time) dapat memengaruhi bounce rate atau rasio pentalan.

Menurut sumber dari Google sendiri, penundaan 1-3 detik dalam kecepatan pemuatan dapat meningkatkan kemungkinan pengguna terpental sebesar 32%.

Hal ini mengakibatkan website atau situs web bisnis Anda berpotensi kehilangan prospek ideal atau prospek yang sangat ditargetkan karena faktor yang dapat dicegah seperti kecepatan pemuatan yang lambat.

2. Website Loading Speed dapat Meningkatkan Page Views atau Tampilan Halaman

Statistik penting berikutnya yaitu website loading speed dapat meningkatkan page views atau tampilan dari halaman.

Lihat Juga :  Custom Digital Marketing: Pengertian dan Apa Saja Manfaat Kostumisasinya!

Ya, mengurangi waktu buka situs web hanya dengan 1 detik telah terbukti meningkatkan tampilan halaman (jumlah kunjungan ke halaman lain di situs web) sebesar 10% (persen) lebih.

Kalian dapat membaca secara lebih lanjut tentang apa itu website loading speed di sini.

Dengan transisi yang mulus dan cepat dari halaman ke halaman, pengguna dapat mengonsumsi lebih banyak informasi tentang merek, brand, produk, atau layanan, meningkatkan kemungkinan konversi mikro atau lengkap.

3. Dampak Langsung pada Conversion (Konversi)

Terakhir yang akan Kami jelaskan di sini yaitu adalah dampak langsungnya terhadap conversion atau konversi itu sendiri.

Selain metrik korelasi dan probabilitas, kecepatan pemuatan juga berdampak langsung pada konversi.

Menurut studi dan beberapa riset yang Kami lakukan, penundaan hanya 1 detik dalam pemuatan dapat menurunkan konversi hingga 5% lebih yang mengkhawatirkan.

Sekitar 50% lebih pembeli online sekarang ini, khususnya di tahun 2025 saat ini akan meninggalkan keranjang belanja online mereka jika situs web membutuhkan waktu lebih dari 3 detik untuk dimuat.

Memang, pada tahun 2013, banyak praktisi mendapati bahwa meningkatkan kecepatan pemuatannya sebesar 8 detik menghasilkan peningkatan konversi sebesar 3%.

Selain itu, situs e-commerce raksasa seperti Amazon dan Wal-Mart melaporkan kerugian 1% pendapatan dari penundaan hanya 100 milidetik – yang berarti jutaan dolar untuk perusahaan besar seperti itu.

Benar! Pada akhirnya, aman untuk menyimpulkan bahwa waktu pemuatan dapat membuat atau menghancurkan bisnis online.

Penutup

Itulah penjelasan terkait pengertian apa itu loading time dan pengaruhnya dengan conversion (konversi) situs website Anda.

Banyak pemasar bersalah karena mengabaikan kecepatan pemuatan sebagai variabel penting dalam kinerja keseluruhan.

Namun, mereka yang memahami semakin pentingnya User Experience (UX), pasti akan mengetahui fakta bahwa itu sama pentingnya dengan desain, konten, dan layanan pelanggan.

Meskipun demikian, meningkatkan kecepatan pemuatan situs web Anda adalah perjuangan yang harus terus-menerus dilakukan serta dioptimasi.

Terlepas dari seberapa keras Anda mencoba, akan selalu ada lebih banyak ruang untuk perbaikan.

Dalam hal pengoptimalan kecepatan (loading time), semua upaya sepadan.

Seperti yang telah kita pelajari, bahkan seratus milidetik dapat membuat dunia berbeda.

Nantikan selalu update tentang informasi teknologi terbaru hanya di blog RM Digital Indonesia. Sekian dari Kami, terima kasih.

Berikan KomentarBatalkan balasan

Postingan Terbaru

  • Faktor Penggunaan Kata: Pengertian, Jenis Macam Tingkatan (Level), Contoh, serta Perkembangannya!
  • Paid Media: Pengertian, Jenis, Perbedaan, dan Apa Saja Contohnya!
  • Apa itu Digital Marketing, Kenapa, Bagaimana, dan untuk Siapa Pemasaran Digital?
  • Artikel SEO: Pengertian, Apa itu Konten dan Artikel SEO Friendly? Tips Cara Membuat, Menulis, serta Pentingnya!
  • Press Release: Pengertian, Apa itu Siaran Pers? Tujuan, Fungsi, Contoh Cara Menulis, Alasan Penting, dan Perbedaannya dengan Iklan atau Promosi!
  • 3 Software Manajemen Aset Gratis Terbaik dan Contoh Cara Penggunaannya!
  • Advertising (Ad) Agency: Pengertian, Apa itu Agensi Periklanan dan Digital? Jenis Macam Peran serta Tugasnya!
  • Loading Time: Apa itu Waktu Memuat dan Pengaruhnya dengan Conversion (Konversi)?
  • Kenapa Search Engine Optimization (SEO) Adalah Proses yang Berkelanjutan (Ongoing Process)?

Kategori

  • Lainnya (2)
  • Marketing (3)
  • SEO (6)
  • Teknologi (3)
  • Website (10)

Diskusikan

Siap Berbisnis Digital?

Biarkan Kami membantu industri bisnis Anda.

Mari Bicarakan
RM Digital
Agensi kinerja web, SEO, dan media berbayar oleh praktisi di bidangnya untuk kualitas, kecepatan, dan efektivitas.
Informasi
  • Tentang
  • Mitra Kami
  • Kebijakan Privasi
  • Ketentuan Layanan
  • Pasal Sanggahan
Sosial Kami
Facebook
Instagram
LinkedIn
Twitter
Dapatkan informasi dan layanan gratis dari Kami.
Mohon masukan alamat email yang sah.

© 2025 RM Digital. Segala Hak Cipta Dilindungi.

rmdigital.co.id menggunakan cookies untuk meningkatkan kebergunaan pengguna. Lanjutkan Kebijakan Privasi
Cookie

Privacy Overview

Situs web rmdigital.co.id menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman kalian saat kalian menavigasi melalui situs web. Di luar cookie ini, cookie yang dikategorikan sebagai sesuatu yang perlu disimpan di browser kalian karena sangat penting untuk fungsi dasar website. Kami juga menggunakan cookie pihak ke-3 (tiga) yang membantu Kami menganalisis dan memahami bagaimana kalian menggunakan situs web ini. Cookies ini akan disimpan di browser kalian hanya dengan persetujuan kalian. kalian juga memiliki opsi untuk menyisih dari cookie ini. Tetapi memilih keluar dari beberapa cookie ini mungkin berpengaruh pada pengalaman <em>browsing</em> kalian.
Diperlukan
Always Enabled
Cookie yang diperlukan sangat penting agar situs web RM Digital dapat berfungsi dengan baik. Kategori ini hanya mencakup cookie yang menjamin hal-hal terkait fungsionalitas basis, dasar dan fitur keamanan situs web. Selain itu, perlu Kami tekankan bahwa ini sama sekali tidak menyimpan informasi pribadi kalian, apa pun itu.
Tidak Diperlukan
Cookie apa pun yang mungkin tidak terlalu diperlukan agar situs web RM Digital dapat berfungsi dan digunakan secara khusus untuk mengumpulkan data pribadi pengguna atau audiens melalui analitik, iklan, konten embedded (tersemat) yang lainnya disebut dengan cookie yang tidak dibutuhkan. Sebagai pemilik website ini, maka Kami wajib untuk meminta dan mendapatkan persetujuan pengguna sebelum menjalankannya di situs web kalian.
SAVE & ACCEPT